Intip Penyu Hijau dan Penyu Sisik Bertelur di Pulau Tikus, Bengkulu

Penyu Hijau, Search by Image on Google

Setelah kemaren kita berkeliling di objek wisata Danau Dendam Tak Sudah saatnya kita menuju lokasi Taman Wisata Pulau Tikus. Pulau tikus dengan luas sekitar 2 hektar ini menjadi salah satu objek wisata andalan yang ada di kota Raflesia. Keindahan alam bawah lautnya yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di pulau ini seperti terumbu karang yang masih tetap terjaga keasriannya, terdapat satwa langka seperti penyu hijau, penyu sisik dan masih banyak lagi yang bisa di dapatkan di pulau ini. Tak heran jika tempat ini banyak di kunjungi dan incar para wisatawan luar negeri maupun maupun daam negeri mengingat keindahan alamnya baik darat maupun bawah laut yang sangat mempesona.

Selain keindahan alamnya yang begitu mempesona, Anda dapat menikmati tempat wisata ini dengan berbagai kegiatan menarik seperti memancing, berenang dan juga snorkeling. Pulau Tikus ini juga menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapan para nelayan apabila terjadi cuaca buruk.

Lokasi Pulau Tikus

Lokasi Pulau Tikus
Lokasi Pulau Tikus

Pulau karang seluas 2 hektar ini berada di sekitar 10 km dari pusat kota Bengkulu. Pulau tikus ini nampak jika di lihat dari tepi Pantai Pasir Panjang, perjalan menuju lokasi ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan perahu motor kurang lebih menyita waktu sekitar 40 menit. Dibawah ini tampak lokasi Pulau tikus jika di lihat dari Google Maps.

Keindahan Alam

Tak di ragukan lagi keindahan alam bawah laut yang di miliki Pulau Tikus ini cukup menggoda hasrat para wisatawan yang ingin berlibur di pulau ini, salah satunya dengan adanya hamparan terumbu karangnya begitu luas sehingga cukup untuk melindungi pulau dari fenomena alam seperti abrasi. Terumbu karang yang begitu luas juga dihiasi dengan adanya ikan-ikan penuh warna yang menari nari diantara terumbu karang tersebut seakan akan menikmati keindahan alam bawah laut yang dimiliki pulau ini. Yang paling menakjubkan lagi pulau ini merupakan salah satu habitat satwa langka seperti Penyu Hijau dan Penyu Sisik. Dimana penyu penyu tersebut berkembang biak pada hamparan pasir yang ada di sekitar pantai dengan cara bertelur, biasanya penyu bertelur pada malam hari. Jika beruntung maka Anda akan menyaksikan kejadian langka tersebut.

Penyu di hamparan pasir
Penyu di hamparan pasir, Search by Image on Google

Selain keindahan alam bawah lautnya, Pulau Tikus ini juga salah satu tempat tinggal berbagai macam jenis burung, salah satunya yaitu burung bangau hitam, burung darat laut, burung pecuk padi dan burung kwak maling. Anda dapat menikmati keindahan wisata Pulau Tikus ini cukup dengan berbaring di bawah pepohonan dan rumah rumahan yang sudah di sediakan di sana atau bisa juga berkeliling langsung di tepi pantai mengingat luas pulau ini tidak terlalu besar.  

0 Response to "Intip Penyu Hijau dan Penyu Sisik Bertelur di Pulau Tikus, Bengkulu"