Keunikan Danau Dendam Tak Sudah, Bengkulu

Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah

Portal Wisata Keluarga - Siapa sangka di balik kota Bengkulu menyimpan keunikan tersendiri, salah satunya yaitu Danau Dendam Tak Sudah. Apa reaksi Anda jika mendengar nama objek wisata tersebut? terdengarannya sangat aneh dan unik bukan? ya benar sekali keanehan dan keunikan itulah yang banyak menyita perhatian para wisatawan yang ingin berkunjung dan ingin menghabiskan liburannya di kota Bengkulu. Selain namanya yang begitu unik banyak sekali terdapat berbagai macam floran dan fauna yang ada di sekitar danau tersebut.

Lokasi Danau Dendam Tak Sudah

Lokasi Danau Dendam Tak Sudah ini tak jauh yaitu kurang libih sekitar 6 hingga 7 Km dari pusat Kota Bengkulu, tepatnya Danau ini berada di 3 kecamatan yatu Kecamatan Selebar, Kecamatan Teluk Segara, dan Kecamatan Talang, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Lokasi Danau Dendam Tak Sudah

Mengingat jaraknya yang begitu dekat dari pusat Kota  sehingga waktu yang di butuhkan untuk dapat berkunjung di lokasi tersebut kurang lebih sekitar 25 menit (akses menggunakan Bus atau angkutan umum).

Asalmula Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah masyarakat biasa menyebutnya, Menurut masyarakat di sekitar danau tersebut awal mula dinamakan Danau Dendam Tak Sudah yaitu ada bebera versi yang pertama nama tersebut diambil berdasarkan cerita tentang sepasang muda-mudi yang mengikat janji cinta mereka sehidup semati, namun cinta mereka terhalang oleh orang tua si gadis yang tak merestui hubungan mereka karena orang tua si gadis tersebut sudah menjodohkan dengan pria pilihan mereka, karena cinta si gadis dan kekasihnya begitu kuat seingga mereka memutuskan untuk mengakhiri hidupnya bersama dengan cara menyeburkan diri ke danau tersebut, sehingga sejak kejadian tersebut lahirlah nama baru dari danau tersebut yaitu Danau Dendam Tak Sudah.

Versi lain mengatakan nama tersebut berawal dari jaman Belanda. Dahulu kala, di tepi danau tersebut pernah di bangun sebuah bendungan (dam) fungsi bendungan tersebut yaitu untuk mengatur air yang ada di danau tersebut supaya tidak meluap. Namun pada akhirnya bendungan tersebut tidak dapat di selesaikan. Sehingga masyarakat setempat terinspirasi dari kejadian tersebut dan berniat untuk menamakan danau tersebut menjadi Dam Tak Sudah. Kata Dam yang menggambarkan sebuah Bendungan (dam) kata tak menggambarkan Tidak dan kata Sudah berati Selesai. Penambahan kata "Den" sengaja di tambahkan di awal oleh masyarakat setempat sehingga jika seseorang sedang membicarakan danau tersebut tibul rasa ingin tahu. Konon menurut cerita masyarakat, di bawah Danau Dendam Tak Sudah, terdapat gunung berapi.

Keunikan Danau Dendam Tak Sudah

Bukit-bukit hijau
Bukit-bukit hijau, Search by Image on Google

Keunikan yang dimiliki dari Danau Dendam Tak Sudah ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Danau Dendam Tak Sudah ini juga merupakan kawasan cagar alam yang banyak menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Seperti Flora dan Fauna yang masih terjaga keasriannya. Danau ini menjadi habitat beberapa jenis ikan langka sampai saat ini. Ikan-ikan tersebut berasal dari keluarga Bagridae, Cyprinidae dan Anabantidae. Danau ini juga salah satu tempat habitat tumbuhan langka yaitu Anggrek Pensil (Vanda hookeriana). Jenis tumbuhan lainnya juga melengkapi keindahan pada danau ini seperti nipah, ambacang rawa, anggrek matahari, sikeduduk, plawi,  gelam, pulai, terentang, bakung, brosong dan pakis.

Anggrek Pensil
Anggrek Pensil, Search by Image on Google

Yang paling unik danau ini terdapat tanaman langka seperti Anggrek Pensil diyakini hanya tumbuh di kawasan ini. Selain floranya yang langka , ditempat ini juga terdapat fauna yang dapat Anda jumpai seperti seekor kera panjang dan lutung yang sedang bergelantungan di pepohonan. Susana tersebut tentu dapat memberikan daya tarik sendiri bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Semua keunikan yang ada di danau ini juga disertai oleh keindahan alamnya yang mempesona.

Keindahan danau pada sore hari
Keindahan danau pada sore hari, Search by Image on Google

Pada sore hari Anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan permukaan danau yang terlihat kemerahan jika terkena sinar matahari. Pada pagi hari Anda juga dapat menyaksikan keindahan Danau ini saat terbitnya sang surya . Anda juga dapat mengelilingi danau sambil menghilangkan stres dengan memancing menggunakan perahu yang sudah di sediakan di sana. Selamat berkunjung di Danau Dendam Tak Sudah. Terima kasi   

2 Responses to "Keunikan Danau Dendam Tak Sudah, Bengkulu"

Anonim mengatakan...

Sebenarnya kalau objek wisata danau dendam di tambah dengan wahana hiburan dan dikelola dengan profesional, maka hal ini akan menjadi aset yang berharga, sehubungan lokasinya diperlintasan, sehingga mengundang orang untuk mampir, bukan seperti sekarang termasuk saya sendiri, hanya numpang lewat aja di pinggir danau...

Fazri Abdiana mengatakan...

Anggrek pensil nya..